CONTOH PIDATO PERINGATAN MAULID NABI

January222013
Assalaamu 'alaikum wr wb.
Para hadirin hadirat yg kami hormati..
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah swt, atas nikmat dan rezekinya yg telah diberikan kepada kita. Sehingga pada malam yg berbahagia ini kita dapat berkumpul untuk memperingati lahirnya junjungan kita Nabi besar Muhammad saw.

Para hadirin wal-hadirat, para Alim Ulama, "Tetuha masyarakat", muslimin muslimat sekalian..
Kita sekarang berada dalam bulan Rabi'ul awal 1433 Hijriyah, bulan dimana Nabi kita Muhammad saw. Lahir di kota Makkah 12 Rabi'ul awal tahun gajah, atau 20 april 571 Masehi.

Nabi kita lahir dikalangan umat manusia yg hidup dalam ke-jahiliyah-an, kegelapan serta kehilangan pegangan hidup.
Di bidang politik, merajalela penindasan, kesewenang-wenangan, dan pemerkosaan hak asasi.
Di bidang ekonomi, terjadi penghisapan manusia atas manusia, dimana orang-orang yg lemah dan miskin tak berdaya dijadikan sapi perahan bagi orang-orang kaya dan berada.
Di bidang kehidupan sosial, terdapat kepincangan dan perbedaan atau diskriminasi yg memecah-belah manusia menjadi beberapa golongan dan tingkatan.
Dibidang kebudayaan, terjadi dekadensi moral: kebobrokan dan kemerosotan akhlak. Meskipun di benua Eropa sebelumnya sudah berdiri kerajaan Romawi yg megah dan kuat. Disebelah Timur tegak berdiri kerajaan Persia dinasti Tiongkok, India yg sebelumnya terkenal sebagai pusat kebudayaan filsafat, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Tetapi pada saat itucahayanya sudamulai pudar. Agama Yahudi dan Nasrani yg sebelumnya sudah berkembang di Jaazirah Arabia tak dapat berbuat banyak untuk menahan kemerosotan dan kehancuran itu.

Di tengah-tengah umat manusia yg tenggelam dalam lumpur kebobrokan dan kebinasaan itulah, Nabi Muhammad saw diutus oleh Allah untuk menyelamatkan manusia. menjadi rahmatan lil 'alamiin.

Dalam waktu yg relatif singkat, tak lebih dari 23 tahun Rasulullah saw telah berhasil mengangkat umat manusia dari jurang kehancuran dan kesesatan dengan suksestiada tara dalam sejarah umat manusia. Tak salah jika pengarang barat H.Hart dalam bukunya "The 100" (Seratus yg sangat berpengaruh didunia) menempatkan Rasulullah saw di ranking 1.

Dalam peringatan Maulid Nabi, seperti yg kita laksanakan pada saat ini, hendaknya kita sambut dengan gembira dan bersyukur, untuk kita ambil suri tauladan, pembangkit semangat untuk mencapai kemajuan di segala bidang.

Para hadirin hadirat..
Ada 2 segi yg perlu 'kami' sampaikan pada malam ini, untuk kita analisa, teladani dan akhirnya kita amalkan di kehidupan sehari-hari.
1. Kalau kita analisa dari segi MUHAMMAD sebagai manusia biasa, maka hakekatnya, beliau itu adalah insan kamil (manusia sempurna) lahir dan batin. Beliau menggembala kambing, berdagang, menjahit pakaian, berumah tangga, bersenda gurau dengan anak istri, dan lain-lain. Namun dibalik semua itu para hadirin.. tersembunyi pada diri beliau sifat-sifat utama, terpuji, agung, sifat yg tak dimiliki pada setiap orang.Beliau seorang yg jujur dalam perkataan dan perbuatan. maka beliau diberi julukan AL-AMIN (Orang yg dapat dipercaya), julukan ini belum pernah diberikan kepada siapapun sepanjang sejarah kehidupan manusia.

Para hadirin.. Pada diri Rasulullah saw, terkumpul pula sifat-sifat: keberanian, keramahan, kesabaran, kesetia-kawanan, keikhlasan, kesederhanaan, kerendahan hati dan sebagainya. Sifat-sifat terpuji beliau itu diakui baik oleh Sahabat maupun oleh "MUSUH". Bahkan Allah swt sendiri menyatakan dalam firman-Nya, yg artinya : "Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yg luhur" (Q.S. Al-Qalam :4)

Para hadirin yg kami hormati
2.Kemudian kalau kita analisa dari segi 'beliau' sebagai utusan Allah dan sekaligus sebagai pemimpin dunia adalah : bahwa beliau diutus oleh Allah swt bukan untuk orang Arab atau masyarakat timur tengah saja. Tetapi beliau diutus untuk seluruh alam.

Para hadirin sekalian, Nabi Muhammad saw diutus oleh Allah swtmengemban amanah yg suci,yakni menyampaikan wahyu kepada seluruh umat manusia.

Memang tak akan ada habisnya kalau kita terus dan terus menganalisa "kelahiran dan perjalanan hidup Nabi kita" karena keterbatasan waktu, kiranya kami cukupkan sampai disini.. Mohan maaf bila ada kata yg kurang berkenan.. wabillaahi taufiq wal-hidayah WASSALAAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

17 tanggapan untuk "CONTOH PIDATO PERINGATAN MAULID NABI"

Hady Taufiq pada 09:08 PM, 22-Jan-13

http://hadyfile.mywapblog.com/contoh-pidato-peringatan-maulid-nabi.xhtml

Sinyo pada 01:38 AM, 23-Jan-13

kunjungan dini hari kang...
Maap komen copas...
Yg apdet lg banyak nie....
Jangan lupa mampir yo

Hady Taufiq pada 11:42 AM, 23-Jan-13

@sinyo
g pp copas atau copes sob,, smile

SERBA ADA COM pada 12:36 PM, 23-Jan-13

met siang sob....salam sehat...

Hady Taufiq pada 09:43 PM, 23-Jan-13

@SERBA ADA COM
mat malam,, smile Alhamdulillah sehat sob

Hady Taufiq pada 08:42 AM, 25-Jan-13

@FITZ FREEDOM
setuju kawan,.. mari kita pelajari, kita kaji, kita pahami dan selanjutnya kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.. 'untuk lomba saya ngga ikut' smile because baru tahu beberapa hari yg lalu.. SALAM MWB

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 09:43 AM, 25-Jan-13

lol Wa'alaikumsalam wr wb razz
Kalo bisa jangan protokoler banget, sebisa mungkin yang berpidato ber orasi dengan sebenarnya, hari ini banyak ahli ustad dan kyai ahli pidato, pas di suruh maju ngasih pidato gelagepan..

Komentar Nyambungsmile, Gak Nyambungsad, Kunbal Ya.. redface

abah gina pada 10:06 AM, 25-Jan-13

hadir bro untk blajar pidato

Hady Taufiq pada 12:45 PM, 25-Jan-13

@ROAD TO HELL
Nyambung banget gan,, klo saya pribadi Alhamdulillah didepan -+ 320 pasang mata masih tenang nge-mc smile tapi itu duluuuuuu, sekarang... DEMAM PANGGUNG..!!! segera meluncur sob..

Hady Taufiq pada 12:51 PM, 25-Jan-13

@abah gina
Makasih bah..

Ahyat Renaldi pada 04:29 PM, 25-Jan-13

mantap sob.

Maaf jarang berkunjung.

Hady Taufiq pada 11:20 AM, 26-Jan-13

@ahyat renaldy
g pp sob , sama z smile

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 11:30 AM, 31-Jan-13

Assalamu'alaikum Wr. Wb. smile Brader left-arrow

Alhamdulillah bisa berkunjung razz balik ke blog Anda,

Terimakasih telah hadir di sini:lol
right-arrow http://roadtohell.mywapblog.com/tidak-henti-hentinya-berharap-hingga-mau.xhtml left-arrow

Tetap Semangat
http://RoadtoHell.mywapblog.com

hady taufiq pada 08:00 PM, 31-Jan-13

@ROAD TO HELL
Makasih kembali hadir brader,,

Hady Taufiq pada 11:28 AM, 02-Feb-13

@ROAD TO HELL
Wa'alaikum salaam wr wb..
Makasih brother sudah menyempatkan diri untuk mampir..

Kank Guru pada 10:09 AM, 04-Apr-13

terimakasih
deengan adanya blog ini, saya bisa lebih mudah mencari contoh" bntuk tek pidato

Hady Taufiq pada 06:51 PM, 09-Apr-13

@kank guru
yaff sama-sama kank

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas