Trik agar Vega makin mantap

October262012
Perlu diketaui, mesin Vega adalah penyempurnaan dari produk sebelumnya, yakni Crypton.Dengan demikian Vega bisa di anggap bebek 4 tak pertama keluaran Yamaha dengan mesin paling sempurna untuk kelas menengah.Konsep bebek irit dengan tarikan ringan, membuat Vega handal dan ramai dijadikan alternatif bebek 4 tak.Tapi ada beberapa bagian yg perlu diperhatikan agar Vega makin jos dan nyaman dikendarai ini Trik ega makin mantap.

Berikut ini Trik agar Vega makin mantap

GANTI DENGAN REM NEW VEGA-R Diameter tromol belakang New Vega-R lebih besar sehingga diyakini lebih pakem dalam urusan pengereman, karena perbandingan diameter tromol dengan diameter pelek lebih kecil.Gaya gesek yg dihasilkan sepatu rem makin besar dan efisien.Jadi lebih aman buat Vega yang lama.Untuk mengaplikasi cukup ganti jari-jarinya.

BOROSIN DIKIT BIAR LEBIH AWETSaat ekonomi sulit, mesin motor irit BBM sudah jadi kewajiban, tapi kalau terlalu irit juga tak baik. smile Tak bagus untuk ketahanan umur komponen. Kecuali perangkat mesin sudah dilengkapi dengan ekstra pendingin mesin, seperti oil cooler atau radiator.Jika masih mengandalkan sistem pendingin angin alami, lebih baik setting karbu agak boros.Meskipun material mesin banyak di buat dari aluminium alloy.Cukup naikkan main jet 5 angka, beres. Dijamin mesin tak panas. smile

GANTI PISTON RACINGPemiliknya mesti tak mau kalah dengan JUPITER-Z saudara mudanya.Biar takminder, jadi langsung saja bongkar silinder cop serta blok silindernya.Liner silinder yamaha VEGA cuma 4,9 mm.

Kalau ingin kapasitas meningkat lebih, tak perlu mengaplikasi piston NEW VEGA-R. Langsung saja aplikasi piston racing, kini tersedia 55,25 mm.Sanggup mendongkrak mesin menjadi kisaran 128cc.Diameter pen piston sama.Sedang liner silinder juga tak perlu diganti, tapi masih tergantung dengan kebutuhan buat harian atau balap.

Kalau buat balap, pastikan sisa liner silindernya lebih dari 2 mm agartetap aman.

BISA BERGAYA RACING LOOKDiproduksinya VEGA mempunyai dua fungsi ganda, untuk menyerang pasar menengah kebawah serta menghadapi rival 4 tak terberatnya di arena road race, yaitu Suzuki Shogun.Di tangan mekanik yg inovatif, mampu menghantarkan VEGA menjadi jawara pasar senggol di berbagai daerah di Indonesia.

Jadi modif mania tak segan saat mengaplikasi gaya racing look.Apalagi body VEGA yg netral, mudah untuk dirias ala pacuan racer.Lewat penggantian perangkat kaki-kaki, sepertisok depan, sok belakang, velg depan belakang serta perangkat ciet (rem) nya. Tak lengkap kalau knalpotnya masih standar, idealnya ganti jenis racing juga. biggrin

FILTER OLIDi mesin VEGA ada terobosan terbaru untuk memperpanjang umur komponen mesin.Yaitu sektor filter oli mesin.Di VEGA filter oli mesin terpasang pada as kruk sisi kanan.Oli mesin yg akan melumasi stang piston pun dijamin kebersihannya dari kontaminasi serbuk besi.Ada baiknya untuk memperpanjang umur stang piston berikan jadwalpenggantian filter oli setiap 60ribu km.Filter oli JUPITER dan VEGA kisaran Rp.200ribusad solusinya bisa diganti filter oli milik JUPITER-Z, harganya hanya Rp.10ribuan.Ukuran dan fungsinya sama.smile

Jadi kesimpulannya, pemilik VEGA lama bisa meng-upgrade VEGAnya menjadi NEW VEGA-R dengan cukup mudah.Karena dari basis rangka banyak kesamaan.Selain itu sektor mesin juga bisa ditingkatkan kapasitas mesinnya. Dari 100 cc (VEGA lama) menjadi 109 cc (NEW VEGA-R) smile smile smile

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

29 tanggapan untuk "Trik agar Vega makin mantap"

Ymeikell pada 18:57, 26-Okt-12

"[malem,sob...shogun cuma manyun,sob..xixixi,sukses selalu...]"

hady Taufiq pada 19:07, 26-Okt-12

ymeikel@ cuma memenuhi request dari temen,..
soalnya ana sekarang juga shogunners sob smile

Ve Zein pada 21:44, 26-Okt-12

mantaf sob, makasih ya masukannya

hady taufiq pada 11:40, 27-Okt-12

makasih juga sob

Joey Highwind pada 14:03, 27-Okt-12

Kunjungan perdana sobz,,salam kenal,jika ada waktu mampir ya wink

hady Taufiq pada 15:46, 27-Okt-12

Joey@ makasih sudah mampir sob, okay langsung ke tkp.. neutral

Jhumpunk Mobile Blog pada 13:11, 01-Nov-12

Wah aku gak punya vega..

hady Taufiq pada 19:40, 01-Nov-12

jhumpunk@ ga punya vega tapi punya vegy... biggrin

yudhi4belas pada 06:58, 14-Mar-13

Wah.. sip itu bro
aq pnya Vega R lama 2001
Kira2 biaya'ne brp yy bro?

Hady Taufiq pada 22:50, 14-Mar-13

@yudhi4belas,
tergantung bro.. tp 1jete juga sudah mantaap.~.

Yka99 pada 10:32, 20-Mei-13

Sob! Gue pnya vega R thn 2007, kapnya bsa diganti gx ya pke kap motor mio soul?

ahmad ardayan pada 09:48, 25-Mei-13

sip makasih masukannya

Hady Taufiq pada 17:29, 29-Mei-13

@yka99
kap itu body, head, spatboard atau apa ya? klo yg dimaksud 'body' bisa.. tapi tentu dengan penambahan plat dudukan baut.
@ahmad ardayan
sama-sama sob

agus pada 17:56, 14-Jun-13

bos haraga bureng ori new vega r brapa bost

koko pada 01:35, 03-Sep-13

bro, klo vega pke piston ymha tiger, noken as udh main, trus razio full . dipake harian kira2 bwt msin aman gk.? thnks

fatur pada 23:28, 12-Okt-13

terima kasih gan, atas infonya!! smile

Hady Taufiq pada 20:20, 20-Okt-13

@fatur,
masama bro

Riehan pada 20:57, 23-Nov-13

Boss, ada yang tau cara pasang oil cooler di Vega (1999) ?

fadzri pada 05:37, 09-Des-13

gan velg yg cocok buat vega r lama apaan yah, klo engga lepasan apa?
thanks before

hardi satria pada 19:15, 13-Des-13

very nice sob
Thanks

Ahyar Syahrozi pada 08:15, 31-Jan-14

Klo utk kisaran harga velg itu brapaan bang??

fadly pada 07:04, 05-Mar-14

vega r cuma cukup blok kupling , karburator keihin PE , seher kawasaki KJ operssize 50cc , noken as di bubut , knalpot CLD roadrace bwt jupiter z . bwt enak kliatannya motor vega saya pake velk comet . cukup segitu . saya ngomongin soal fakta soalnya saya juga punya vega taun 2003 dan saya cobain lawan mio orisinilan dan hasilnya sanat memuaskan , sama grand 130 ninggalin 1meter . dan terahir saya cobain dengan stria FU cukup bangga dgn performa mtor saya yah walaupun ketinggalan dikit sih . hehe saya cuma berbagi aja bwat yg punya mtr vega r

Hady Taufiq pada 11:40, 11-Apr-14

@fadly,
yaf mantap bro makaasih infonya

Darmawan pada 19:48, 22-Apr-14

sob, ane punya vega r tahun 2004 warna orange, udah saya bawa ke bengkel thu motor, kata mekaniknya seher sama setangnya harus di ganti dan di ganti dengan punya nya jupiter, kira" itu cc nya naik berapa?
#Thanks

Hady Taufiq pada 14:22, 06-Mei-14

@Darmawan
Kurang tau sob

reza pada 10:37, 16-Mei-14

gan minta sarannya dong , yang ane vega r th 2005 tromol mau di ganti ama tromol depannya ama tromol cakram variasi punya mx bisa masuk ga gan ??

ichsan pada 11:08, 30-Sep-14

mnta saranya gan
di kasih piston apa biar mtr enak jlan nya ,irit dan bsa di pake harian

aryo pada 11:17, 17-Okt-14

@tanks sob infonya....

kardo pada 07:10, 19-Des-14

bro! aq punya vega lama bro,aq dah bor up dan pakai piston jupiter z tp kok kndas ke deksel y bro,mhon msukannya bro n trima ksih sblumnya bro.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas